MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN
TELEKOMUNIKASI DAN TELEPHONE
DI
SUSUN OLEH :
SUPRIADI
SABUKTIONO
E1D1 14 037
JURUSAN
TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
HALU OLEO
2015
KATA PENGANTAR
Manusia
diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk sosial, makhluk yang suka
atau tidak suka pasti berinteraksi dengan manusia yang lain manusia dalam
melakukan interaksi dengan manusia lain menggunakan komunikasi. Dimanapun kita
berada pasti kita berkomunikasi baik itu di rumah, sekolah, di kantor dan di
mana pun manusia itu berada.
Komunikasi
adalah salah satu aktivitas yang sangat fundamentalis dalam kehidupan umat
manusia. Kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan sesamanya diakui oleh
hampir semua agama telah ada sejak tuhan menciptakan adam dan hawa di muka bumi
ini.
Kapan
manusia mulai mampu berkomunikasi dengan manusia lainnya tidak ada data
autentik yang dapat menerangkan tentang hal itu. Hanya saja diperkirakan bahwa
kemampuan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain secara lisan adalah
suatu peristiwa yang berlangsung dengan sendirinya.
Ucapan
terima kasih yang tak terhingga kepada Allah yang Maha Esa atas semua karunia
yang telah diberikannya kepada kita. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada
dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan gambaran kepada kami.
Kendari,01
Maret 2015
ttd
Penyusun
Supriadi Sabuktiono
DAFTAR ISI
Kata pengantar........................................................................................................
Daftar Isi...................................................................................................................
BAB
I Pendahuluan
A. Latar belakang........................................................................................
B. Tujuan......................................................................................................
C. Manfaat....................................................................................................
BAB
II Sejarah Perkembangan
Telekomunikasi
A.Sejarah Perkembangan Teknolgi Informasi
DiBidang Telekomunikasi
1.1. Alat Hitung Tradisional
dan Kalkulator Mekanik.................
1.2.Komputer
Generasi Pertama....................................................
1.3.Komputer Generasi
Kedua.......................................................
1.4.Komputer Generasi
Ketiga.......................................................
1.5.Komputer
Generasi Keempat...................................................
1.6.Komputer
Generasi Kelima......................................................
B.Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi………………………………………………………………...
C.Perkembangan dan Implikasi Ti dan Ti Dalam Pendidikan di
Indonesia …………………………………………………………………..
BAB
III Sejarah Perkembangan Telephone
A.Sejarah
Telepon ……………………………………………………………….
B.Prinsip Dasar Telepon ………………………………………………………....
C. Perkembangan Telepon ……………………………………………………...
D.Telepon digital ………………………………………………………………...
E.Telepon IP …………………………………………………………………….
F.Telepon Seluler ………………………………………………………………...
G.Cara
kerja Telepon Seluler …………………………………………………...
BAB
IV Kesimpulan
A.Sejarah Perkembangan
Telekomunikasi ……………………………..
B.Sejarah Perkembangan Telephone
…………………………………...
DAFTAR PUSTAKA
……………………………………………………………
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makalah
ini sengaja ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari yang sangat mudah dipahami
dan dimengerti. Makalah ini disusun berdasarkan bab-bab, sehingga pembaca dapat
dimudahkan untuk mencari pokok persoalan yang telah dibaca.
Dalam
penyusunan makalah ini tidak ada maksud apa-apa kecuali hanya mengajak para
pembaca untuk memahami “Perkembangan Teknologi Informasi Di Bidang
Telekomunikasi” dan penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas Pendidikan
Teknik Informatika tahun ajaran 2011/2012. semoga kita dapat memahami
perkembangan teknolgi informasi komunikasi
B. Tujuan
Adapun
tujuan pembuatan makalah ini adalah:
1. Untuk memenuhi tugas mata kuiah
“Dasar Telekomunikasi” tahun pelajaran 2015
2. Untuk mengajak pembaca agar mengetahui
dan memahami perkembangan
teknologi informasi dibidang
telekominikasi.
3. Untuk mengajak pembaca agar dapat
memahami perbedaan teknologi
komunikasi sekarang dengan zaman
dahulu.
C. Manfaat
Adapun
manfaat yang kita peroleh dari membaca makalah ini sebagai berikut :
1.Menambah pengetahuaan tentang perkembangan teknologi.
2.menambah wawasan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
3.Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai media komunikasi.
4. Memudahkan pembaca dalam mencari informasi.
1.Menambah pengetahuaan tentang perkembangan teknologi.
2.menambah wawasan tentang perkembangan teknologi komunikasi.
3.Dapat mengetahui seluruh informasi dari berbagai media komunikasi.
4. Memudahkan pembaca dalam mencari informasi.
BAB II
SEJARAH PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASI
Sejarah
computer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses
pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat
mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan
data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat
ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu
kala berupa alat mekanik maupun elektronik
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
1.1. Alat hitung tradisional dan
kalkulator mekanika
yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di
Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada
sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung
transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di
Eropa, abacus kehilangan popularitasnya
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan
kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi
mekanikal.
Awal
mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika
Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat
baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang
matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai
alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk
menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin
untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan
Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat
menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara
otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh
tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer
general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage,
Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.
Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan
mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu,
pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi
untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita
yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan
sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan
baru lainnya. Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat
menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit
oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903,
John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang
menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan
pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang
menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau
salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik
dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik
pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber
pendanaan.
1.2. Komputer Generasi Pertama
Von
Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada
tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah
unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk
dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal
Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer
komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik
Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu
hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam
memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun
1952.
Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine
language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum
(yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder
magnetik untuk penyimpanan data.
Ciri-ciri komputer generasi pertama
adalah:
*Program
dibuat dalam bahasa mesin,
*Menggunakan
konsep storage Program,
*Komponen
yang digunakan adalah tabung hampa udara,
*Ukuran
fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
*Dapat
disimpan pada magnetic tape dan
magnetig disk.
Contohnya, komputer IBM 701 yang dibuat
tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran besar, sedangkan IBM 705 yang
dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.
1.3. Komputer Genarasi Kedua
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan
komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di
pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang
sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang
dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam
disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer
pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer
generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam
komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas
kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat
itu.
Bahasa
pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator
(FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin
yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah
dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan
mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst,
dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan
berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Ciri-ciri komputer generasi kedua
antara lain:
*Kapasitas memori utama cukup besar,
*Komponen yang digunakan adalah
transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa udara,
*Menggunakan magnetic
tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk,
* Mempunyai kemampuan proses real-time
dan time sharing,
*Proses operasinya lebih cepat,
*Orientasinya pada aplikasi bisnis dan
teknik.
Contohnya, komputer PDP-5 dan PDP-8
yang dibuat tahun 1963 merupakan komputer mini komersial yang pertama. Selain
itu, terdapat komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR 300, dan sebagainya.
1.4. Komputer Genarasi Ketiga
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga
antara lain:
*Komponen
yang dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan
transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic
integrated
circuits,
*Proses operasinya
jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar,
*Ukuran fisik jauh
lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
*Menggunakan magnetic
disk yang sifatnya random access,
*Dapat melakukan multiprocessing
dan multiProgramming,
*Alat input-output mengalami
pengembangan dengan menggunakan visual display terminal, serta
*Dapat melakukan
komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.
Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA, CDC
3000, PDP-11, dan lain
sebagainya.
1.5. Komputer Genarasi Keempat
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit
dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large
Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak
komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong
turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,
efisiensi dan kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971
membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam
sebuah chip yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu
tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi
dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti
microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi
dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit
komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.
Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti
lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling
populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal
1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer
rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM
memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,
kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di
tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta
PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM
PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya,
sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh
juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
1.6. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar
untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan
belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000
masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah
terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu
meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi
mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan.
Namun
fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer
menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan
pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Jepang
adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer
generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga
dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini
telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di
dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
Komputer generasi kelima kini sedang
dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale
Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang
diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip. Negara yang mempelopori
perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan
pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah
sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence). Hal ini dapat
diterapkan untuk mengoperasikan robot.
B. SEJARAH
SINGKAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
1. masa Perasejarah
a.
Masa (….s/d 3000 SM)
Pada
awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi
sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Mereka
menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang
berburu dan binatang buruannya.
Pada
masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada
dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian
mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka
dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan
sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
Perkembangan
selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan
bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang,
atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
b.
Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an M)
Pada
masa tersebut teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang
kalian kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan
terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan
banyak.
c.
Masa 3000 SM
Untuk
pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang
dibentuk dari pictograf sebagai huruf.Simbol atau huruf-huruf ini juga
mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata ,
kalimat dan bahasa.
d.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1) 2900 SM
Pengunaan huruf hierogliph pada
bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan
diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan
mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa
heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria
2)
500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai
kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai
Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan
fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan
sebagai menia informasi.
3)
105 M
Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas
yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal
sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci,
kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem
pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap.
2. Masa Modern (1400-an M s/d
sekarang)
* Tahun 1455, mesin cetak yang
menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai
yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg
* Tahun 1830, Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan
Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat tersebut didesain mampu
memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah
kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun
cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun
sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk .
*
Tahun 1837, Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse
bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone.Yang dikirim secara
elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan
kedua tempat tersebut. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim
dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan
informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa
dirintangi oleh jarak dan waktu.
*
Tahun 1861, Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama
kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini
berkembang dengan sebutan layar tancap.
*
Tahun 1876, Pada masa ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan
sistem penulisan desimal.
*
Tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang
digunakan pertama kali secara umum.
*
Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
*
Tahun 1899, Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang
pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital
seperti masa sekarang.
*
Tahun 1923, Pada masa ini ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang
pertama.
*
Tahun 1940, Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi
pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan
penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
*
Tahun 1945, Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan
hypertext.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan
perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.
*
Tahun 1946, Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama di
dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi
teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
*Tahun 1948, Para peneliti di Bell
Telephone mengembangkan transistor.
*
Tahun 1957, Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.Teknologi ini
memungkinkan Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam
sebuah keping kecil kristal silicon.
* USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi
buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai balasannya Amerika
membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan
Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan
teknologi informasi dalam bidang militer.
*
Tahun
1972, Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang
digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail dapat
dikatakan sebagai surat elektronik.
*
Tahun 1973-1990, Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai
TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian
dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA
* Pada tahun 1981 National Science
Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps
untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Kemudian pada tahun 1986 IETF
mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi
diantaranya:DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
*
Tahun 1991-Sekarang, Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika
CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para
anggotanya.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian
diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF
membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut
direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi
(oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).
* Pada tahun 1994
pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam
segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan
dari manusia.Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider
dengan membeli jaringan di Backbone.Langkah ini memulai pengembangan teknologi
informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan
sistem dan alat yang lebih canggih.
* Teknologi
Siaran Sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah
diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum
memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung
dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya
seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA
berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan
jaringan televisi siaran lokal.
* Satelit
Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern
dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan
kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya.
Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan,
penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan
perindustrian. Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung
sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga
semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu
mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya
sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal
computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan
sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh
dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan
komputer.
* Teknologi
Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan
perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk
keperluan hiburan. PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN PARA AHLI Dari dulu
sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang
pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang
penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli
tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia
pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang
lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis
proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal
tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang
secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
* Bishop G.
(1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes
(flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa
pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R.
(1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh
jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya
gedung sekolah. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan
kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan
latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.
Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan
nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru
akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski &
Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication
(CMC).
Dari ramalan
dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya
pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan
dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja
“saat itu juga” dan kompetitif
C.
PERKEMBANGAN
DAN IMPLIKASI TI DAN TI
DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA
Kecenderungan
perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang
adalah:
1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar
jarak jauh (Distance Learning).
2. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan /
latihan dalam sebuah jaringan.
3. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif,
seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan
Video.
DISTANCE LEARNING Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai
mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan
berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat
dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya.Namun
demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi
antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak.
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis
web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:
1. Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based
distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan
mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah,
mencari informasi dan sebagainya.
2. Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi
satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen
dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang
diberikannya.
3. Sistem administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa
dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan
sebagainya.
4. Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering
mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang
telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga
harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning
5. Perpustakaan digital; Pada bagian
ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi
juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini
bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
6. Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang
perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada
bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan
lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui web.
BAB III
SEJARAH PERKEMBANGAN TELEPHONE
A.Sejarah Telepon
Alexander Graham Bell (1847-1922) adalah penemu dari Amerika
dan pengajar bagiorang tuli, dan dia dikenal sebagai penemu telepon, dimana
telepon berasal dari dua kata yakni tele “jauh” dan phone “suara” yang artinya
Sebuah alat komunikasi berupa suara jarak jauh.Bell lahir pada 3 Maret 1847, di
Edinburgh, Skotlandia, dan mendapat pendidikan diUniversitas Edinburgh dan
London. Kemudian tahun 1870 dia pindah
ke Canada dan kemudianpindah lagi ke Amerika pada tahun 1871.
Di Amerika dia mulai mengajar orang yang bisu dantuli,
mempopulerkan sistem yang disebut 'bahasa visual'. System yang dikembangkan
olehayahnya, Alexander Melville Bell, yang menunjukkan bagaimana bibir, lidah,
dan tenggorokandigunakan dalam menggambarkan suara.Pada masa kanak-kanaknya,
dia telah memperlihatkan rasa ingin tahu yang sangat besar pada dunia ini,
yang menyebabkan dia sering mengumpulkan contoh-contoh tumbuhan.
Sejak usia 18 tahun, Bell telah meneliti gagasan bagaimana
mengirimkan danmentransfer perkataan. Tahun 1874 saat dia mengerjakan
telegraph, dia mengembangkangagasan dasar yang baru bagi telephone. Percobaan
yang dilakukannya bersama asistennyaThomas Watson akhirnya terbukti berhasil
pada tanggal 10 Maret 1876, saat itu kata yangditransmit adalah: "Watson,
come here; I want you." (Watson, datanglah kemari, sayamembutuhkanmu).
Serangkaian demonstrasi penggunaan telephone, telah
memperkenalkantelephone ke seluruh dunia dan dipimpin oleh perusahaannya, Bell
Telephone Company padatahun 1877.Jadi dari sebuah keisengan seorang anak lah,
alat komunikasi telepon tercipta.
B.Prinsip Dasar Telepon
Pada dasarnya prinsip kerja telepon adalah ketika gagang
telepon diangkat, posisi telepon disebut
off hook Lalu sirkuit terbagi menjadi dua jalur di mana bagian
positifnya akan berfungsisebagai Tip yang menunjukkan angka nol sedangkan pada
bagian negatif akan berfungsi sebagaiRing yang menunjukkan angka -48V DC. Kedua
jalur ini yang nantinya akan memproses pesan dari
sender untuk sampai kereceiver .
Agar dapat menghasilkan suara pada telepon, sinyalelektrik
ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang
dapat didengar oleh telepon receiver.
Untuk teknologi analog transmisi sinyal analog yang
dikirimkandari central office (CO)
akan diubah menjadi transmisidigital. Angka-angka sebagai nomer telepon
merupakan penggabungan antara nada-nada dan frekuensi tertentu yang
kemudiandinamakan. Dual-tone multi-frequency DTMF dan memiliki satuan Hertz.
Hubungan utama yangada dalam sirkuit akan menjadi on hook ketika dibuka, lalu akan muncul getaran. Bunyi
yangmuncul di telepon penerima menandakan telepon telah siap digunakan.
C.
Perkembangan Telepon
1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya
yang disebut
sound Telegraph.Penemuannya ini memungkinkan adanya
komunikasi dalam bentuk suara
antara dua orangdengan menggunakan perantara kabel.
1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak
paten atas penemuan Meucciyang
disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs.Sistem ini
menggunakangetaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit.
1876, perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy.
Sistem ini memberikanmetode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.
1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana
telepon pertama kali dibuatdengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi
departemen riset dan pengembangandari perusahaan telekomunikasi tersebut.
Alexander Graham Bell terus memantauproduktivitas perusahaan tersebut sehingga
pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepondapat digunakan. Perusahaan Bell
juga telah mematenkan telepon electro-magnetic yangmenggunakan magnet permanen,
diafragma besi, dan dering panggilan
1878, papan pengganti secara manual ditemukan sehingga
memungkinkan banyak teleponterhubung melalui sebuah saluran pertukaran. dibawah
kepemimpinan Theodore N. Vail,perusahaan Bell mempunyai 10.000 telepon yang
dapat digunakan.
1880, sirkuit metalic pertama dipasang. Sirkuit ini
merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire
menjadi two-wire. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang
seringkalidirasakan dengan penggunaan jalur
one-wire
1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan.
Telepon akan bekerja secaraotomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan
cara menekan nomor dialberdasarkan instruksi.
1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkanpengguna
telepon untuk saling berhubungan lintas negara.
D.Telepon digital
Public Switched Telephone
Network (PSTN) dilakukan berdasarkan hubungan langsungantara sender dengan
receiver yang harus menggunakan kabel tembaga, serat optic ,satellite,fixed
wireless, danmobile wireless circuit.Penggunaan jaringan tersebut melibatkan
komponendasar yaitu telepon, network access, central office (CO), trunks and
special circuit, dan customer premise equipment (CPE).perkembangan
PSTN sebagai sistem telepon digital telahmeningkatkan kapasitas dan kalitas
jaringanya sehingga memungkinkan untuk menggunakanbeberapa saluran komunikasi
dalam sebuah medium pertukaran.
E.Telepon IP
Telepon IP (Internet Protocol)
merupakan telepon teknologi baru yang menggunakan protokol internet dalam
pengoperasiannya. Telepon IP ini dapat digunakan untuk memindahkanhubungan
untuk mengganti suara, mengirim fax, paket video, dan bentuk penyampaian
informasilainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu. Telepon IP
menggunakan koneksiinternet untuk mengirimkan data. Dalam perkembangannya, layanan
telepon IP akan bekerjasama dengan perusahaan telepon lokal, provider jarak
jauh seperti AT&T, perusahaan TV cabel,Internet Service Providers (ISPs),
dan operator layanan wireless. Telepon IP merupakan bagian penting dalam
penggabungan antara komputer, telepon, dan televise dalam satu
lingkungankomunikasi. VoIP (Voice over IP) adalah pengorganisasian untuk
menstandardisasi telepon IP.VoIP digunakan sebagai landasan untuk unified
message (UM) danunified communications (UC).Tanpa VoIP, integrasi dari berbagai
program server akan sulit dilakukan. Jaringan yangada pada IP bukan tipe yang
siap untuk menghadapi lalu lintas VoIP sistem LAN harus dibagiantara VLAN
dengan pesan suara dan data.
F.Telepon Seluler
Dengan perkembangan begitu cepat,
untuk mengefisiensikan penggunaan telepon sertauntuk mendapatkan mobilisasi
yang baik diciptakanlah sebuah mobile phone/handphone /teleponseluler yang
sampai sekarang merupakan barang elektronik terlaris dan tentunya
banyak digunakan oleh masyarakat.Namun sejarah penemuan telepon seluler
tidak lepas dari perkembangan radio. Awalpenemuan telepon seluler dimulai pada
tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian DetroitMichigan mencoba menggunakan
telepon mobil satu arah.
Kemudian, pada tahun 1928Kepolisian
Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semua
mobilpatroli dengan frekuensi 2 MHz. pada perkembangan selanjutnya, radio
komunikasi berkembangmenjadi dua arah dengan µ frequency modulated µ (FM).
Tahun 1940, Galvin Manufactory
Corporation (sekarang: Motorola) mengembangkanportable Handie-talkie SCR536,
yang berarti sebuah alat komunikasi di medan perang saatperang dunia II. Masa
ini merupakan generasi 0 telepon seluler atau 0-G, dimana telepon
seluler mulai diperkenalkan.Setelah mengeluarkan SCR536,kemudian pada
tahun 1943 Galvin ManufactoryCorporation mengeluarkan kembali partable FM radio
dua arah pertama yang diberi namaSCR300 dengan model backpack untuk tentara
U.S. Alat ini memiliki berat sekitar 35 pon dandapat bekerja secara efektif
dalam jarak operasi 10 sampai 20 mil.Sistem telepon seluler 0-G masih
menggunakan sebuah sistem radio VHF untuk menghubungkan telepon secara
langsung pada PSTN landline. Kelemahan sistem ini adalahmasalah pada jaringan
kongesti yang kemudian memunculkan usaha-usaha untuk menggantisistem ini.
·
Generasi 0 diakhiri dengan penemuan
konsep modern oleh insinyur-insinyur dari BellLabs pada tahun 1947. Mereka
menemukan konsep penggunaan telepon hexagonal sebagai dasar telepon
seluler. Namun, konsep ini baru dikembangkan pada 1960-an.Adapun
generasi-generasi perkembangan telepon seluler sebagai berikut:i)
·
Generasi
I ,Telepon seluler generasi pertama disebut juga 1G. 1-G merupakan
telepon seluler pertama yang sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari
Motorola Corp menemukan teleponseluler pertama dan diperkenalkan kepada public
pada 3 April 1973. Telepon seluler yangditemukan oleh Cooper memiliki berat 30
ons atau sekitar 800 gram. Penemuan inilah yang telahmengubah dunia selamanya.
Teknologi yang digunakan 1-G masih bersifat analog dan dikenaldengan istilah
AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dandioperasikan pada
Band 800 Mhz. Karena bersifat analog, maka sistem yang digunakan masihbersifat
regional. Salah satu kekurangan generasi 1-G adalah karena ukurannya yang
terlalubesar untuk dipegang oleh tangan. Ukuran yang besar ini dikarenakan
keperluan tenaga danperforma baterai yang kurang baik. Selain itu generasi 1-G
masih memiliki masalah denganmobilitas pengguna. Pada saat melakukan panggilan,
mobilitas pengguna terbatas padajangkauan area telpon seluler.
·
Generasi
II ,Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an. 2G di
Amerika sudahmenggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan
teknologi GSM. GSMmenggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz.
Dengan frekuensi tersebut,GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar.
Pada generasi 2G sinyal analog sudahdiganti dengan sinyal digital. Penggunaan
sinyal digital memperlengkapi telepon seluler denganpesan suara, panggilan tunggu,
dan SMS. Telepon seluler pada generasi ini juga memiliki ukuranyang lebih kecil
dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang
lebihkecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yang lebih kecil.
Keunggulan dari generasi 2Gadalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta
sinyal radio yang lebih rendah, sehinggamengurangi efek radiasi yang membayakan
pengguna
·
Generasi
III ,Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan
untuk memberipengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet
sebaik video call berteknologitinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar
untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution
(EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G iniadalah
biaya yang relater lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih
barunyateknologi ini.
·
Generasi
IV ,Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan
sistem telepon seluler yang menawarkan pendekatan baru dan solusi
infrstruktur yang mengintegrasikan teknologiwireless yang telah ada
termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless
LAN,Bluetooth, dlll. sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang
memungkinkan penggunauntuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan dimana saja.
4G juga memberikanpenggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik,
jangkauan global, dan fleksibilitasutnuk menjelajahi berbagai teknologi
berbeda. Terakhir,4G memberikan pelayanan pengirimandata cepat untuk
mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing,
gameon-line , dll.
G.Cara kerja Telepon
Seluler
Didalam telepon seluler, terdapat
sebuah pengeras suara, mikrofon, papan ketik, tampilanlayar, dan powerful
circuit board dengan microprocessors yang membuat setiap telepon seperti komputer
mini. Ketika berhubungan dengan jaringan wireless, sekumpulan teknologi
tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan atau bertukar data
dengan telepon lain atau dengan komputer.Jaringan wireless beroperasi dalam
sebuah jaringan yang membagi kota atau wilayah kedalam sel-sel yang lebih
kecil. Satu sel mencakup beberapa blok kota atau sampai 250 mil persegi. Setiap
sel menggunakan sekumpulan frekuensi radio atau saluran-saluran
untuk memberikan layanan di area spesifik. Kekuatan radio ini harus
dikontrol untuk membatasijangkauan sinyal geografis.
Oleh Karena itu, frekuensi yang sama
dapat digunakan kembali di sel terdekat. Maka banyak orang dapat melakukan
percakapan secara simultan dalam sel yangberbeda di seluruh kota atau wilayah,
meskipun mereka berada dalam satu saluran.Dalam setiap sel, terdapat stasiun
dasar yang berisi antenna wireless dan perlengkapanradio lain.
Antenna wireless dalam setiap sel
akan menghbungkan penelpon ke jaringan teleponlocal, internet, ataupun jaringan
wireless lain. Antena wireless mentransimiskan sinyal. Ketikatelepon seluler
dinyalakan, telpon akan mencari sinyal untuk mengkonfirmasi bahwa layanantelah
tersedia. Kemudian telepon akan mentransmisikan nomor identifikasi tertentu,
sehinggajaringan dapat melakukan verifikasi informasi konsumen- seperti
penyedia layanan wireless, dan nomor telepon.
BAB IV
KESIMPULAN
A.Sejarah Perkembangan telekomunikasi
Sejak tahun 1976, Indonesia telah
memasuki era indormasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era
informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler
technology). Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan
berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk
dalam dunia pendidikan.
Seperti ramalan dan pandangan para
cendikiawan tentang pendidikan di masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh
globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua
arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat
itu juga” dan kompetitif.
Dalam kehidupan kita dimasa
mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang
paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi
pemimpin dalam dunianya.
B.Sejarah Perkembangan Telephone
Dengan perkembangan begitu cepat,
untuk mengefisiensikan penggunaan telepon sertauntuk mendapatkan mobilisasi
yang baik diciptakanlah sebuah mobile phone/handphone /teleponseluler yang
sampai sekarang merupakan barang elektronik terlaris dan tentunya
banyak digunakan oleh masyarakat.
Didalam telepon seluler, terdapat
sebuah pengeras suara, mikrofon, papan ketik, tampilanlayar, dan powerful
circuit board dengan microprocessors yang membuat setiap telepon seperti komputer
mini. Ketika berhubungan dengan jaringan wireless, sekumpulan teknologi
tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan atau bertukar data
dengan telepon lain atau dengan komputer.
Agar dapat menghasilkan suara pada
telepon, sinyalelektrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian
diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver.
Telepon IP (Internet Protocol)
merupakan telepon teknologi baru yang menggunakan protokol internet dalam
pengoperasiannya. Telepon IP ini dapat digunakan untuk memindahkanhubungan
untuk mengganti suara, mengirim fax, paket video, dan bentuk penyampaian
informasilainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu.
DAFTAR PUSTAKA
http://leonbadar.blogspot.com/2013/05/makalah-sejarah-perkembangan-teknologi.html
Comments
Post a Comment